MATERI PELATIHAN

Target peserta dalam pelatihan ini adalah UMKM Lokal dan UMKM Nasional. UMKM Lokal adalah mereka yang fokus pada target pasar dan konsumen lokal, sedangkan UMKM Nasional adalah mereka yang target pasar dan konsumennya dapat diperluas ke pasar nasional. Semua tergantung dari UMKM dan karakteristik produknya.

Saat ini, jumlah UMKM yang terbesar yang belum ter-digitalisasi adalah UMKM lokal, seperti para pedagang/toko eceran, toko grosir, pengusaha resto, kafe, pemilik warung, pengusaha rumahan, petani penghasil, peternak penghasil, nelayan pengepul, jasa servis/teknik, jasa lainnya dan bisnis lokal lainnya. Diharapkan melalui pelatihan ini UMKM Lokal dan Nasional dapat bertahan dan berkembang.

Sesuai dengan target peserta, materi pelatihan di-disain untuk dapat mengakomodasi kebutuhan aktual UMKM atas keahlian digital saat ini. Setiap UMKM dapat mengikuti semua materi pelatihan secara serial bertahap, namun juga dapat memilih pelatihan sesuai yang dibutuhkan. Berikut 5 kategori materi dengan 60 topik pelatihan:

Pengembangan Bisnis dan Keahlian Digital

Memberikan edukasi pengembangan bisnis, khususnya business survival, yang memberikan bekal bagi UMKM untuk mampu bertahan dan berkembang di masa pandemi ini, dimana salah satu caranya adalah dengan melakukan digitalisasi usaha. Untuk itu UMKM perlu meningkatkan keahlian digital dengan mengikuti pelatihan di sesi ini.

Kehadiran Merek Secara Digital

Memberikan edukasi dan fasilitasi UMKM tentang bagaimana menghadirkan merek secara digital (digital presence), sehingga merek UMKM mudah dicari dan ditemukan di internet oleh konsumen. Hadirnya merek di internet akan membuka potensi mendapatkan pesanan dan pelanggan baru dari berbagai jalur pemasaran.

Mengenal dan Onboarding di Platform E-Commerce

Memberikan edukasi dan fasilitasi UMKM untuk memanfaatkan e-commerce, baik e-commerce lokal maupun e-commerce nasional, agar UMKM dapat meningkatkan transaksi dan memperluas akses pasar. UMKM Lokal perlu mempelajari onboarding di e-commerce lokal, demikian juga UMKM Nasional perlu mempelajari onboarding di e-commerce nasional.

Pemasaran Digital

Memberikan edukasi dan fasilitasi UMKM untuk memahami dan memanfaatkan pemasaran digital (digital marketing), agar dapat meningkatkan penjualan di e-commerce lokal maupun e-commerce nasional. UMKM Lokal perlu mempelajari digital marketing untuk bisnis lokal, demikian juga UMKM Nasional perlu mempelajari digital marketing untuk bisnis online dengan target pasar nasional.

Pengoperasian Digital

Memberikan edukasi dan fasilitasi UMKM untuk memanfaatkan sumberdaya digital, melalui penggunaan berbagai aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas usaha dalam operasional bisnis sehari-hari (digital operation). Pengoperasian bisnis secara digital menjadikan bisnis dapat tumbuh lebih cepat dan makin efisien.